KATA
PENGANTAR
Segala puji dan syukur
kita panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam kami sampaikan hanya
bagi tokoh dan teladan kita Nabi Muhammad SAW. Diantara sekian banyak nikmat
Allah SWT yang membawa kita dari kegelapan ke dimensi terang yang memberi
hikmah dan yang paling bermanfaat bagi seluruh umat manusia, sehingga oleh
karenanya kami dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan ini dengan baik dan
tepat waktu.
Dalam proses
penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil
dari berbagai pihak, akhirnya kami dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup
baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan terimakasih dan
penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu
terselesaikannya tugas ini.
Segala sesuatu yang
salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya
dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu tugas
ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu segala saran dan kritik yang
membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi perbaikan pada tugas
selanjutnya. Harapan kami semoga tugas ini bermanfaat khususnya bagi kami dan
bagi pembaca lain pada umumnya.
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Judul Kegiatan:USAHA JASA LAUNDRY “KINCLONG
LAUNDRY”
B. Status Usaha:Usaha yang akan saya jalankan adalah
pengembangan usaha yang sudah ada.
C. Rasional Kegiatan: Usaha jasa Laundry yang akan saya
dirikan adalah di bidang jasa yang menawarkan jasa mencuci pakaian. Alasan saya
dalam memilih usaha jasa laundry saya dasarkan atas pertimbangan-pertimbangan
sebagai berikut;
1.
Memanfaatkan gaya hidup malas mencuci.
2.
Perubahan gaya hidup dan tuntutan kesibukan, banyak mahasiswa, karyawan,
dan ibu rumah tangga, yang tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaian mereka,
dan menyerahkannya pada usaha laundry kiloan.
3.
Kondisi cuaca saat ini yang mengakibatkan pakaian sering lebih mudah menjadi
kotor, bahkan dimusim penghujan, dengan mencuci manual pasti akan sulit menjadi
kering, oleh karenanya banyak yang menyerahkan pakaian kotor mereka ke
laundry-laundry.
4.
Trend mencuci di laundry sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.
D. Tujuan Kegiatan :
Tujuan dari didirikankanya usaha
jasa laundry ini adalah:
1.
Untuk memperoleh penghasilan yang dapat saya gunakan untuk menunjang kebutuhan
hidup sehari-hari
2.
Memanfaatkan peluang yang dapat menghasilkan uang.
3.
Melatih jiwa berwirausaha dikalangan mahasiswa.
BAB 2
METODE PELAKSANAAN
A. Produk :Produk
usaha ini adalah jasa laundry, yaitu jasa pencucian pakaian.
B. Proses
Produksi :
Proses Pencucian Pakaian.
Pencucian pakaian dilakukan dengan
proses sebagai berikut:
a)
Pakaian kotor dipilah dan dikelompokkan sesuai dengan pemiliknya.
b)
Pakaian dibungkus dan ditimbang beratnya.
c)
Pakaian dicuci dengan menggunakan mesin pencuci pakaian.
d) Setelah
pakaian dicuci bersih, pakaian dikeringkan.
e)
Setelah pakaian kering, pakaian kemudian disetrika.
f)
Pakaian yang telah rapih dikemas dan siap dikembalikan ke pelanggan.
C. Pemasaran :
Segmen
pasar yang dibidik untuk sementara waktu dua tahun kedepan adalah masyarakat di
daerah Gombong. Diperkirakan dengan jumlah penduduk kotaGombong5.000.
jiwa, dengan tingkat konsumtif yang sangat tinggi, diperkirakan 40% atau 2.000
jiwa akan menggunakan jasa laundry ini. Strategi pemasaran yang dilakukan
adalah dengan caramemasang pengumuman melalui brosur dan papan nama didepan
lokasi laundry, serta dengan menawarkan paket-paket menarik yang berbeda dari
laundry-laundry yang lain. Dengan asumsi pakaian yang dilaundrykan 2
kg/pelanggan dan setiap harinya pelanggan yang datang adalah 10% dari total
pelanggan yaitu 2.000 jiwa, maka dapat diperkirakan setiap harinya akan ada 40
Kg cucian pakaian.
Dengan
asumsi pasar tumbuh 20% pertahun, maka gambaran pasar 2 tahun kedepan dapat
ditunjukan sebagai beriku
Kelebihan produk:
1.
Laundry 5 kali cucian, gratis 1 kg cucian.
2.
Paket landry:
a. Biasa
- Lama pencucian 2 hari
- Biaya Rp. 3.500,-/kg
b. Kilat
- Lama pencucian ½ hari
3.
Tersedia fasilitas antar jemput cucian.
4.
Proses pencucian terpisah masing-masing pelanggan.
5.
Hasil cucian bersih, wangi, rapih, dan siap pakai.
D. Tempat Produksi :
Tempat produksi dilakukan di
kontrakan di jalan raya Yos Sudarso 462 Gombong.Tempat produksi cukup strategis
karena berada dekat dengan Kampus STIKES Muhammadiyah Gombong, RS PKU
Muhammadiyah dan area kos-kosan mahasiswa dan perawat serta masyarakat Gombong.
Luas tempat produksi yang disediakan
adalah 200 meter persegi, yang terdiri dari: rumah untuk proses pencucian dan
transaksi, dan lahan untuk menjemur pakaian
BAB 3
TARGET LUARAN
A. Target produk
:
Produk
yang akan dihasilkan adalah jasa Loundry. Kualitas dari jasa laudry ini yaitu
proses pencucian terpisah masing-masing pelanggan. Hasil cucian bersih, wangi,
rapih, licin dan siap pakai.Sesuai dengan kapasitas peralatan produksi, produk
yang dapat dihasilkan adalah 240.000 gelas pertahun. Namun sesuai dengan jumlah
konsumen yang ditargetkan, produksi yang akan dihasilkan adalah 500 gelas
perhari atau 12.000 perbulan (24 hari kerja/bulan)
B. Target konsumen :
Konsumen yang ditargetkan adalah usia remaja
dengan jumlah target rata-rata 12.000 orang perbulan atau 144.000
orangpertahun.
C.
Target pendapatan :
Jumlah pendapatan yang ingin saya peroleh setiap bulan adalah Rp. 2.400.000,-
BAB
4
RENCANA
BIAYA
A. Rencana biaya usaha :
Rencana biaya usaha yang akan saya lakukan adalah sebagai
berikut:
1
Penentuanhargapokok
Setiap Kg pakaiankamiberihargaRp. 3.500,00
Target usahatiaphari 40kg, atau 1200 kg per bulan.
- Investasi yang diperlukan
NO
|
NamaBarang
|
jumlah
|
Hargasatuan
|
Total Harga
|
1.
|
Mesincuci
|
3 buah
|
Rp 1.500.000
|
Rp 4.500.000
|
2.
|
Setrika
|
3 buah
|
Rp 75.000
|
Rp
225.000
|
3.
|
Timbangan
|
1 buah
|
Rp 500.000
|
Rp
500.000
|
4.
|
Keranjang
|
10 buah
|
Rp
25.000
|
Rp
250.000
|
5.
|
Hanger
|
5pak
|
Rp 10.000
|
Rp
50.000
|
6.
|
Talitambang
|
100m
|
Rp. 1.000
|
Rp 100.000
|
TOTAL
|
Rp. 5.625.000
|
3.
KebutuhanBahanHabisPakai per Bulan
No
|
Nama
Barang
|
Banyaknya
|
Harga
Satuan
|
Jumlah
|
|
1.
|
Detergen
|
20
|
Kg
|
Rp. 10.000
|
Rp. 200.000
|
2.
|
Pelican setrika
|
5
|
botol
|
Rp. 10.000
|
Rp. 50.000
|
3.
|
Plastic
|
Rp. 100.000
|
|||
4.
|
Plester
|
1
|
buah
|
Rp. 10.000
|
Rp. 10.000
|
5.
|
Label
|
1
|
pak
|
Rp. 5000
|
Rp. 5000
|
6.
|
Alat tulis
|
Rp. 20.000
|
|||
7.
|
Tas Kresek
|
10
|
Bungkus
|
Rp. 5000
|
Rp. 50.000
|
8.
|
Listrik
|
Rp. 100.000
|
|||
9.
|
PAM
|
Rp. 100.000
|
|||
10.
|
Sewa Tempat
|
Rp. 500.000
|
|||
11.
|
Transportasi
|
Rp. 500.000
|
|||
12.
|
Upah Pegawai
|
3
|
orang
|
Rp. 300.000
|
Rp. 900.000
|
13.
|
Lain-lain
|
Rp. 1.257.500
|
|||
Jumlah
|
Rp 3.792.000
|
B. Rancangan Pengembangan & Investasi:
Keuntungan yang saya peroleh dari
usaha adalah :
Uraian
|
Bulan 1
|
Bulan 2
|
Bulan 3
|
Hasil
penjualan
|
Rp11,396,000
|
Rp12,535,600
|
Rp
13,789,160
|
Biaya
operasional
|
Rp
8,075,000
|
Rp
8,075,000
|
Rp
8,075,000
|
Keuntungan
|
Rp
3,321,000
|
Rp
4,460,600
|
Rp
5,714,160
|
Keuntungan tersebut akan saya
gunakan untuk:
Pengembalian modal0.30%
|
Rp 996,300
|
Rp
1,338,180
|
Rp
1,714,248
|
Pengembangan usaha0.30%
|
Rp 996,300
|
Rp
1,338,180
|
Rp
1,714,248
|
Tabungan 0.40%
|
Rp1,328,400
|
Rp
1,784,240
|
Rp
2,285,664
|
BAB
7
PENUTUP
Harapan saya untuk usaha “Distro”
ialah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju.
Setelah melaksanakan usaha ini, kami
dapat mengambil kesimpulan :
1. Seorang
pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk
kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
2. Sebelum
membuka usaha, seorang pengusaha harus mengetahui kebutuhan konsumen tujuan dan
sasaran yang akan dituju.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar